merangkaihati.blogspot.com mengucapkan Selamat menjalankan hari-hari yang Indah dan senantiasa beribadah semoga keberkahan selalu tercurah buat kita semua. Aamiin

Bertani adalah Seni



Abd. Hakim – Petani Ubi Jalar Ungu Desa Bontolempangan 

Bertani itu adalah sebuah seni. Karena bertani itu memerlukan tatanan sehingga tanaman yang kita tanam akan kelihatan menarik dan indah. Ketika kita masuk di kebun kita akan terasa nikmat dan bangga ketika melihat tanaman yang kita tanam tersebut. Akan terasa nikmat dan mengasyikkan ketika kita akan mengkonsumsi hasil tanaman yang baru di petik, demikian kata Abd. Hakim petani pangaan lokal Ubi jalar ungu di desa Bontolempangan Kecamatan Buki Kab. Kep. Selayar.
Kurangnya petani pangan lokal yang ada di kabupaten Kepulauan Selayar, sehingga Abd. Hakim seorang petani sekaligus sebagai Penyuluh Pertanian desa Bontolempangan mengajak petani-petani yang ada di Kabupaten Kepulauan Selayar pada umumnya dan desa Bontolempangan pada khususnya untuk bertani pangan lokal seperti Ubi Jalar Ungu, Ubi Kayu, Wijen, Gembili, Sergung dan masih banyak lagi pangan lokal lainnya seperti yang telah dilakukannya ini.
Jenis tanaman pangan lokal yang telah ditanam di kebun milik Abd. Hakim adalah ubi kayu sebanyak 3.000 rumpun dan Ubi Jalar Ungu sebanyak 10.000 stek. Tanaman ini sebagai tanaman percontohan untuk masyarakat sekitar, karena masyarakat kita cenderung melihat hasil dulu baru bisa berbuat. Olehnya itu menurutnya, ini sebagai tanaman percontohan dalam mendorong masyarakat petani untuk bertani pangan lokal karena jenis tanaman pangan lokal ini juga cukup prospek di pasar-pasar dan mengandung nilai gizi yang tinggi.
Setelah melihat hasil pertanian yang dilakukan oleh Abd. Hakim, banyak warga sekitar yang ingin ikut menanam tanaman lokal dan beberapa warga sudah berpesan bibit. Karena pengharapan dari penananaman tanaman lokal ini untuk mengajak para petani dalam mengelolah dan bertanam tanaman lokal seperti yang dilakukan oleh Abd. Hakim.
Selain itu Abd. Hakim sebagai penyuluh berkeinginan memperlihatkan kepada masyarakat bahwa lahan pertanian yang ada di Kab. Kep. Selayar juga prospek dalam mengelolah pertanian dengan baik dan petani-petani Kab. Kep. Selayar juga tidak ketinggalan dengan petani-petani di daerah lain. Abd. Hakim juga berkeinginan untuk menanam tanaman lokal lainnya seperti talas di area perkebunannya. @Basrumbaccung

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Bertani adalah Seni"