merangkaihati.blogspot.com mengucapkan Selamat menjalankan hari-hari yang Indah dan senantiasa beribadah semoga keberkahan selalu tercurah buat kita semua. Aamiin

ACCESS Mempengaruhi Kepribadian dan Kemampuan




Agustina-Sekdes Kohala,

Sebagai seorang sekretaris dan ibu rumah tangga membuat perempuan ini mempunyai aktifitas yang cukup padat. Pendampingan ACCESS II sangat mempengaruhi kepribadian dan kemampuan ibu 2 anak ini dalam mengelolah administrasi desa.
Sekarang, saya mampu memfasilitasi sendiri seperti mampu berbicara di depan umum tanpa canggung dan malu-malu saat tampil. Sebagai seorang sekretaris desa, kemampuan berbicara didepan umum sangat dibutuhkan pada saat di depan masyarakat ketika memimpin rapat ataupun presentasi dihadapan beberapa pihak seperti SKPD yang berkaitan dengan pemerintah desa khususnya desa Kohala.
Sejak mengikuti sosialisasi Perencanaan terbenak dalam pemikiran saya, inilah yang saya inginkan dalam mengelolah perencanaan dan penganggaran desa. Perencanaan seharusnya di publikasikan di depan umum atau masyarakat jangan sampai masyarakat memiliki fikiran yang macam-macam dengan pemerintah desa.
Apalagi saat ini Pemerintah Desa mendapatkan kucuran Anggaran Alokasi Umum yang mencapai 500 juta. Berbagai pemikiran-pemikiran negatif akan muncul di benak masyarakat. Dana sebanyak itu dikemanakan. Padahal di dalam mengelolah keuangan desa yang besar seperti itu dengan banyaknya pembiayaan-pembiayaan akan berdampak dalam pembangunan desa. Seperti belanja rutin yang mencapai 300-an juta serta alokasi mendukung visi misi pemerintah Kabupaten yang kisaran mencapai 100-an juta. Sisa anggaran yang akan digunakan dalam pembangunan desa itu tersisa puluhan juta saja. Apa yang bisa dibangun dengan anggaran sebesar itu.
Ketika perencanaan dan penganggaran itu dilaksanakan secara transparan dan partisipatif maka pemikiran-pemikiran itu terbantahkan dengan sendirinya. Ketika pelatihan dan sosialisasi perencanaan dan penggaran , transparan dan partisipatif sangat dibutuhkan dalam mengelolah keuangan desa.
Pelatihan-pelatihan dan keikutsertaan saya dalam program ini sangat berdampak dan berpengaruh besar dalam kehidupann saya. Dengan pelatihan, saya mampu berbicara di depan umum dan mempunyai teman-teman yang luas di antara para sekretaris dan lain-lain.
Saya suka dengan konsep pendampingan dari ACCESS II ini. Pemerintah desa diajari bukan hanya teori tapi langsung diajari bagaimana mengelolah administrasi.
Basrum Baccung

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "ACCESS Mempengaruhi Kepribadian dan Kemampuan"