merangkaihati.blogspot.com mengucapkan Selamat menjalankan hari-hari yang Indah dan senantiasa beribadah semoga keberkahan selalu tercurah buat kita semua. Aamiin

Tahun Baru, Pergantian Kalender Semata

Pergantian tahun di setiap tahunnya di laksanakan berbagai acara di lakukan. Acara demi acara yang digelar mulai dari pelosok kota hingga pelosok kampung.
Meriah dan menggelegar setiap  memasuki detik-detik pergantian tahun. Dentuman petasan dan suara terompet bersahutan menandakan pergantian tahun tersebut.
Malam yang larut dan diam dalam kesunyian berubah bagai perang di atas langit. Dentuman petasan berkejaran di langit dan menghasilkan suara yang menggelegar.
Acara tiap tahun yang dilaksanakan setiap pergantian tahun digelar berbagai acara. Mulai dari acara nyanyi-nyanyi, domino, ngumpul bersama dengan berbagai suguhan makanan. Ketika menjelang pergantian tahun tersebut, berbagai aroma makanan dari setiap rumah yang di rasakan ketika melakukan perjalanan.
Aroma makanan ini terasa mulai dari pelosok kota sampai pelosok kampung. Di beberapa kampung acara pergantian tahun dengan suguhan makanan bagai acara Idul Fitri untuk perayaan umat Islam. Dari berbagai informasi ada yang memotong kambing, kuda dan ayam. Ada juga yang memeriahkan dengan acara bersama kerabat dan keluarga tercinta.
Kegiatan demi kegiatan yang dilaksanakan menyambut pergantian tahun tersebut. Pergantian tahun yang laksanakan setiap tahun hanyalah pergantian kaleder semata. Tidak ada yang istimewa dari pergantian tahun tersebut.
Ketika membaca tulisan di atas, ada pertanyaan di benak kita. Adakah yang salah dari kegiatan itu ?
Jawaban penulis tidak ada. Selama acara yang dilaksanakan senyaman dan sesuka yang mempunyai acara. Tetapi pernahkah berfikir dampak dari acara yang menggunakan petasan dan terompet di acara pergantian tahun tersebut ?
Berfikirkah ketika dentuman petasan dan suara terompet di tengah malam itu dapat mengganggu ketentraman dan kenyamanan orang-orang sekitar. Ada orang sakit yang berharap kesembuhan dan mengharap tenang tidak terganggu. Ada orang yang sedang sujud di tengah malam berdoa membutuhkan ketenangan dalam beribadah.
Dapat berbagi makanan dengan tetangga sekitar dengan makan makanan bersama, menjaga silaturahmi dan mempererat persaudaraan. @baccung

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tahun Baru, Pergantian Kalender Semata"