merangkaihati.blogspot.com mengucapkan Selamat menjalankan hari-hari yang Indah dan senantiasa beribadah semoga keberkahan selalu tercurah buat kita semua. Aamiin

A'dingin-dingin, Prosesi adat Kampung Tenro Desa Bontolempangan



Selayar adalah bagian dari propinsi Sulawesi Selatan. terletak di bagian selatan dan terpisah dari pulau sulawesi. Selayar merupakan pulau yang terdiri dari 130 pulau dan 115 yang berpenghuni mempunyai beraneka ragam keindahan alam dan budaya.
Salah satu cagar budaya yang ada di pulau selayar yakni tradisi A'dingin-dingin.

Prosesi ini dilaksanakan setiap tanggal 10 muharram di dusun Tenro Desa Bontolempangan Kecamatan Buki Kabupaten Kepulauan Selayar. Tradisi ini dilakukan yakni dengan menyiramkan air suci ke semua orang yang di ada dikampung ini yang lewat maupun yang ada di wilayah acara ini. Tua muda berbaur dalam keceriaan ini.

Air suci yang dimaksud di sini adalah air yang di ambil dari mata air sumur yang berjarak 1,5 km dari kampung Tenro. Selama mengambil air suci ini, perempuan berjumlah 7 orang yang mengambil air ini tanpa berbicara satu sama lain. Selama prosesi A'dingin-dingin ini dilakukan selama 7 hari setiap sore dengan melakukan anrajo-rajo. Acara songkala bala dengan mengelilingi kampung Tenro semoga terhindar dari bencana.

Kampung Tenro sebagai kampung Adat mempunyai berbagai adat istiadat yang dilaksanakan di kampung ini. Berbagai adat istiadat ini sampai sekarang masih di pelihara dan dijaga sampai sekarang.

 @Basrum Baccung

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "A'dingin-dingin, Prosesi adat Kampung Tenro Desa Bontolempangan"