merangkaihati.blogspot.com mengucapkan Selamat menjalankan hari-hari yang Indah dan senantiasa beribadah semoga keberkahan selalu tercurah buat kita semua. Aamiin

Alat Musik Tradisional



Alat musik tradisional adalah alat-alat musik yang berkembang secara turun-temurun pada suatu daerah yang digunakan untuk mengiringi lagu-lagu daerah asal. Pengertian alat musik tradisional menurut istilah secara umum berkaitan erat dengan karakteristik lahir, perkembangan, dan fungsinya di dalam kehidupan masyarakat di suatu wilayah setiap daerah berdasarkan zamannya.
Jenis alat musik tradisional menurut fungsinya  dapat dikategorikan dalam 3 (tiga)  bentuk yaitu: fungsi melodis, ritmis dan  harmonis. Berikut penjelasaannya:
a.    Jenis alat musik tradisional Melodis
Musik tradisional melodis memiliki fungsi membentuk deretan nada tunggal pengiring dalam perunukan lagu atau musik. Adapun beberapa contoh alat musik tradisional melodis, seperti gambus, suling, basing-basing dan pui’-pui’.
b.    Jenis alat musik tradisional  Ritmis
Musik tradisional pada umumnya tidak memiiki variasi nada namun menjadi instrumen  utama yang berfungsi menjadi ketukan. Contoh alat musik tradisional ritmis seperti kancing-kancing, gandrang, kannong-kannong, ana’ baccing dan katto’-katto.
c.     Jenis alat musik tradisional Harmonis
Jenis alat musik tradisional harmonis berfungsi untuk mengiringi sekaligus menyelaraskan bunyi yang dikeluarkannya. Contoh alat musik tradisional harmonis seperti gambus, suling dan basing-basing/Billi-billi.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Alat Musik Tradisional"