merangkaihati.blogspot.com mengucapkan Selamat menjalankan hari-hari yang Indah dan senantiasa beribadah semoga keberkahan selalu tercurah buat kita semua. Aamiin

Sumur Tujuh sumber air Dusun Sapohatu Desa Kayu Bauk

Sapohatu merupakan daerah pedesaan yang subur ditumbuhi pepohonan yang menghijau. Perkampungan ini adalah bagian dari desa Kayu Bauk yang terletak di Kecamatan Bontomatene Kabupaten Kepulauan Selayar yang hidup rukun bersama warga masyarakat.

Kepala Desa Kayu Bauk Drs. Dg. Mangaru menjelaskan, bahwa sumur tujuh “Sangiang” saat ini menjadi sumber air bersih warga dusun di wilayahnya. Jarak sumur tujuh ini sekira 1 km dari perkampungan dusun Sapohatu. Dengan memikul air dengan menggunakan ember atau jerigen di isi air untuk digunakan dirumah sebagai sumber air bersih.
Lebih jauh Dg. Mangaru menguraikan bahwa pada jaman dahulu sumur sangiang ini menjadi tempat melaksanakan hajat. Bahkan ada beberapa orang dari pulau jawa pernah mengambil air di sumur ini untuk dijadikan obat katanya.
Dan ketika kami mengunjungi sumur ini, memang sumur berjumlah 7 buah dan letaknya yang agak terjal. Dari ketujuh sumur ini, sumur yang dibagian selatan digunakan untuk tempat minum kuda pada jaman ketika masyarakat di dusun ini memiliki peternakan kuda.
Sementara yang berada di tengah, dipergunakan untuk air minum. Tidak ada yang boleh mandi di sumur yang di tengah.
Melihat dari kondisi sumur ini, perlu di lestarikan sumber air baku tetap terjaga. Sumur ini di kelilingi dengan pohon-pohon yang besar serta posisinya dilereng bukit sehingga sulit untuk menempuhnya.

Menurut kepala desa 2 periode ini, warganya setiap hari mengambil air untuk mandi dan mencuci pakaian di sumur ini. Dan benar saja, di perjalanan kami menuju sumur ini kami berpapasan dengan warga dusun yang memikul air. Dia sangat berharap untuk mengurangi beban warganya di dusun Sapohatu untuk memberikan pelayanan perpipaan kepada warganya supaya warga mendapatkan air bersih di depan rumah mereka, harapnya. @baccung

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Sumur Tujuh sumber air Dusun Sapohatu Desa Kayu Bauk"