merangkaihati.blogspot.com mengucapkan Selamat menjalankan hari-hari yang Indah dan senantiasa beribadah semoga keberkahan selalu tercurah buat kita semua. Aamiin

Mengunjungi Selayar

Saya mau ke Selayar, tidak punya sanak keluarga dan tidak tahu harus bagaimana di sana. Inilah yang terjadi pada orang-orang yang ingin melakukan perjalanan ke pulau Selayar apakah itu karena tugas, atau ingin melaksanakan wisata ke pulau selayar.

Melakukan searching di google dan mencari tahu tentang selayar dan pernah ada seorang teman ketika mendapatkan surat tugas untuk ke selayar langsung seacrh di google dan kesimpulannnya teman tadi mempersiapkan segala peralatan dan kebutuhan ketika melaksanakan tugas di kepulauan selayar. Dia mempersiapkan mulai dari genset listrik, baju pelampung, senter dan lain-lain kebutuhan sehari-hari.

Berikut penulis akan pandu bagi orang-orang atau wisatawan yang ingin melakukan perjalanan ke Selayar :

Ketika ingin melakukan perjalanan ke pulauan selayar, sebelum berangkat tentukan pilihan anda. Apakah ingin menggunakan transportasi darat ataupun udara. Yang jelas ketika pilihan transportasi darat akan di lanjutkan dengan transportasi laut. Transportasi udara akan di jelaskan pada kesempatan lain. Ketika memutuskan untuk melakukan perjalanan ke selayar dengan alat transportasi darat, kembali akan di berikan pilihan perjalanan. Apakah menggunakan transportasi bus antar kabupaten atau menggunakan jasa travel perjalanan ke selayar. Menggunakan jas travel akan di jelaskan pada kesempatan lain.

Kita putuskan perjalanan menggunakan bus antar kabupaten. Persiapkan diri anda ketika pagi hari, karena bus antar kabupaten akan menuju selayar dengan mengawali perjalanan di terminal malengkeri. Jenis bus antar kabupaten ada juga pilihannya apakah ingin menggunakan mobil bus yang ber-AC atau bukan. Pilihan bus antar kabupaten yakni ANEKA, SUMBER BARU, SUMBER MAS, PARADIBA, DJABAL, MAHKOTA dan lain-lain.

Bus-bus ini memulai perjalanan dari terminal Malengkeri Makassar sekira jam 9 pagi. Perjalanan melalui darat ini menempuh jarak sekira 200 KM sampai ke pelabuhan Bira Bulukumba. Meninggalkan terminal Malengkeri Makassar yang berlokasi di jalan Sultan Alauddin berbatasan dengan Kabupaten Gowa.

Meninggalkan terminal Malengkeri dan masuk di wilayah Sungguminasa Kabupaten Gowa dan perjalanan agak tersendak karena pada saat jam-jam sibuk jadi melewati beberapa kemacetan. Belum lagi ketika memasuki wilayah pasar tumpah di beberapa perjalanan ini. Perjalanan beberapa menit hingga jam memasuki wilayah kabupaten Takalar.

Melewati Takalar, banyak melewati persawahan di pinggir jalan kiri dan kanan. Perjalanan memasuki wilayah Kabupaten Jeneponto kemudian memasuki wilayah Bantaeng. Di Kabupaten Bantaeng ini bus-bus ini singgah untuk melaksanakan istirahat Sholat dan makan (ISHOMA). Setelah ishoma melanjutkan perjalanan dan memasuki kabupaten Bulukumba.

Memasuki Kabupaten Bulukumba dan di kota Bulukumba mau menuju selayar kadang-kadang yang belum terbiasa melakukan perjalanan darat bisa nyasar ke kabupaten Sinjai. Tetapi kali ini penulis memandu dalam melaksanakan perjalanan ke selayar dengan menggunakan bus. Ketika memasuki wilayah Bulukumba, tidak terasa memasuki wilayah pelabuhan Bira Bulukumba.

Ketika sampai di Pelabuhan Bira Bulukumba, para penumpang bus melakukan istirahat sambil menunggu penyeberangan Very. Dari Pelabuhan Bira menuju Pelabuhan Pamatata Selayar menempuh perjalanan sekira 2 jam kalau kondisi perairan normal.

Para penumpang tidak usah cemas dengan keadaan akan menaiki very. Mobil tumpangan yang di naiki juga ikut naik di atas very. Penumpang segera naik mobil atau langsung naik ke atas very. Silahkan menikmati penyeberangan menggunakan kapal very. Orang yang baru menikmati penyeberangan very akan merasakan kenikmatan tersendiri.

Ketika sampai di pelabuhan Pamatata Selayar, penumpang kembali naik ke bus masing-masing dan dilanjutkan perjalanan menuju terminal Bonea Benteng Selayar. Alhamdulillah penumpang sudah sampai di pulau selayar. Dan ketika sampai di pelabuhan Pamatata sekira jam 18.00 WITA dan kadang-kadang sampai di terminal Bonea sekira jam 19.00 atau 20.00 WITA.

Ketika sampai di terminal Bonea Benteng, silahkan menuju tujuan masing-masing kemana tujuan anda dan jangan lupa mengontak atau mencari penginapan awal ketika sampai di selayar. Untuk saat ini selayar belum memiliki banyak tentang adanya angutan terminal dan kadang-kadang kita juga tidak menemukan ojek. Ojek masih kurang dan boleh di bilang belum maksimal di pulau ini.

Selamat datang di pulau Selayar.... Selayar itu Unik dan Indah.... Ayo Ke Selayar............

Mohon saran dan masukan menuju berkualitasnya tulisan ini.

Wassalam

Basrum

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengunjungi Selayar"